Manajemen karyawan tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Bukan sekadar membuat aturan, memberikan kejelasan karir, menetapkan tujuan yang jelas, menerapkan budaya positif, atau menjadi contoh yang baik. Seringnya talenta bisa mempengaruhi kinerja karyawan secara signifikan. Untuk itu dibutuhkan talent management atau manajemen talenta yang mengatur hal itu.

"manajemen talenta"

Pertanyaan selanjutnya, bagaimana cara menerapkan manajemen talenta jika tim HR pun Anda belum punya? Tenang! Artikel ini akan menjelaskannya untuk Anda.

5 Tahap Manajemen Talenta

Setelah mengetahui pentingnya me-manage talenta atau bakat bawaan masing-masing karyawan. Langkah selanjutnya adalah menerapkan 5 tahapan berikut ini:

Perencanaan Tenaga Kerja

Tetapkan rencana perkembangan perusahaan kedepannya. Dengan begitu Anda bisa tahu kira-kira tipe talenta apa saja yang dibutuhkan. Serta berapa jumlahnya.

Sumbernya sendiri bisa didapatkan dari luar atau dalam perusahaan. Lakukan tes bakat untuk menemukan bakat-bakat terpendam di antara karyawan Anda. Jika talenta tertentu sudah dimiliki karyawan Anda, maka akan lebih mudah melangkah ke tahapan berikutnya.

Pemantauan Bakat

Tujuan tahapan kedua ini adalah untuk menemukan dan mengidentifikasi calon-calon karyawan yang memiliki bakat potensial. Perusahaan bisa membuka lowongan magang untuk memantau skill dan bakat calon tenaga kerja yang menonjol. Jika memungkinkan, bisa berlanjut ke tahap rekrutmen.

Pengumpulan Bakat

Data-data yang terkumpul di tahap dua bisa menjadi database bakat yang akan membantu rencana perkembangan perusahaan selanjutnya. Jika ditemukan bakat yang seusai di database, Anda bisa memberi arahan kepada tim untuk meng-interview-nya untuk menemukan kecocokan dengan kebutuhan perusahaan.

Akuisisi Bakat

Setelah tahap pemantauan dan pengumpulan, lalu ditemukan calon-calon tenaga kerja potensial yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Saatnya melakukan rekrutmen. Pastikan Anda menunjuk seseorang yang memiliki skill negosiasi yang baik untuk melakukannya.

Pelatihan dan Pengembangan

Setelah perekrutan, pekerjaan belumlah selesai. Anda perlu melakukan evaluasi terhadap talenta yang telah bergabung ke perusahaan. Melakukan pelatihan jika memang diperlukan. Semuanya bertujuan untuk membuat perusahaan memenangkan persaingan.

Manajemen talenta merupakan langkah penting. Terlebih lagi di jaman sekarang di mana sudah umum perusahaan menggunakan jasa penyewaan virtual office dan tren karyawan remote working. Perlu untuk Anda menemukan karyawan yang tidak hanya berbakat namun juga professional, hubungi hybrid office jika kamu memerlukan layanan virtual office atau layanan sewa kantor dedicated

Kirim
Hello admin saya perlu info lebih lanjut tentang